Peluang Usaha Kuliner Bolu Sukun

Posted by Sahabat Sukses: Peluang Usaha Kuliner Bolu Sukun

Sukun adalah buah yang berbentuk seperti bola, dan rasanya padat agak empuk, seperti ketela. Selain rasanya enak, sukun juga memiliki banyak kandungan gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B2, C, dan juga mengandung beberapa mineral, antara lain: kalsium, fosfor, serta zat besi.

Peluang Usaha Kuliner Bolu Sukun

Buah sukun sangat mudah ditemukan di berbagai pasar. Baik pasar modern, maupun pasar tradisional. Oleh karena itu membuat produk dari bahan sukun sangatlah bagus, di samping biaya produksinya rendah, buah ini juga mudah dicari.
Produk olahan sukun yang telah banyak beredar di pasaran kebanyakan dalam bentuk keripik. Namun, karena banyaknya produsen yang menghasilkan produk keripik dari sukun, maka pemasaran produk ini terasa kian sempit. Untuk itu perlu dilakukan produk inovasi lain, agar produk olahan berbahan sukun dapat diterima pasar.

Bentuk inovasi dari olahan sukun salah satunya adalah bolu sukun. Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa sukun bisa dibuat sebagai bahan dari kue bolu yang enak. Seperti kue bolu pada umumnya, hanya saja bahan tepungnya diganti dengan sukun. Cita rasa yang dihasilkan sangat enak. Seperti kue bolu pada umumnya, hanya saja bahan tepungnya diganti dengan sukun. Cita rasa yang dihasilkan sangat enak. Bolu akan terasa lebih empuk dan lembut. Tentunya akan menimbulkan sensasi yang berbeda dengan kue bolu pada umumnya.

Peluang pemasaran kue ini sangat bagus, karena produksi bolu yang terbuat dari sukun masih sangat jarang. Ini memungkinkan untuk bersaing dengan kompetitor bolu yang sudah ada. Tentang bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue bolu sukan sama dengan resep pembuatan kue bolu pada umumnya. Yaitu: tepung terigu, tepung maizena, telur, gula pasir, mentega, dan aneka toping, seperti: meses, keju, dan kismis.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Nugget Sayur

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Bolu Sukun

  1. Ada dua cara yang bisa dipilih untuk memulai bisnis ini, yaitu dengan cara kulakan atau menjadi agen, atau dengan cara memproduksi sendiri. Jika kulakan, biaya operasionalnya relatif lebih kecil, dan usaha lebih fokus pada pemasarannya saja. Ini sangat mudah dilakukan, terutama bagi pemula. Namun, keuntungan yang diperoleh relatif lebih kecil, karena keuntungan dibagi dengan produsen.
  2. Memulai produksi sendiri. Langkah awalnya, yaitu melakukan survey di sejumlah pasar untuk mengetahui kisaran harga produk serupa di pasaran. Setelah mendapat informasi lengkap tentang harga, maka akan lebih mudah menentukan harga jual produk.
  3. Mencari toko untuk diajak kerja sana memiliki potens dalam memasarkan produk. Misalnya, toko pusat oleh-oleh, kantin sekolah/kantor, supermarket, koperasi, warung makanan, serta tempat-tempat lain yang menjual makanan olahan.
  4. Membuat merek atau label produk. Ini bertujuan meningkatkan nilai jual, serta mempermudah konsumen untuk menemukan produk Anda di pasaran.
  5. Siapkan peralatan yang dapat membantu untuk mempercepat produksi. Contohnya: mixer, blender, sealer (untuk pengemasan), serta kendaraan untuk operasional dan pendistribusian.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Bolu Sukun

  • Harga per box Rp 17.000
  • Asumsi penjualan kue per hari 10
  • Prediksi pendapatan per hari:
    10 x Rp 17.000 = Rp 170.000
  • Prediksi pendapatan bulan pertama (25 hari):
    25 x Rp 170.000 = Rp 4.250.000
Prediksi pendapatan yang diperoleh bisa jadi berbeda, karena harga bahan pada masing-masing daerah juga bisa berbeda. Dengan target penjualan seperti di atas, maka keuntungan rata-rata yang diperoleh bisa mencapai 3 juta per bulan. Ini bergantung dari daya beli masyarakat, serta kualitas dari produk. Selanjutnya, jika usaha telah berkembang, bisa membuka cabang di tempat lain, demi memperluas jangkauan pemasaran.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Bolu Sukun

  1. Banyaknya saingan pada produk serupa, maka sebaiknya buatlah produk Anda unik dan beda dari yang lainnya. Misalnya dari segi bentuk, dan kemasan yang menarik.
  2. Masyarakat tidak langsung menerima kehadiran produk di pasaran. Ada baiknya memperkenalkan produk dengan memberikan tester gratis pada teman dekat atau di sekitar rumah Anda.
  3. Penentuan harga, sebaiknya disesuaikan dengan daya beli masyarakat sekitar. Bila perlu kemasan dibuat jangan terlalu besar. Sehingga harga dapat terjangkau.
  4. Kesulitan modal. Permasalahan ini seringkali dialami oleh pengusaha pemula. Mengatasinya, dapat mengajukan kredit pada bank, atau bekerja sama dengan pemilik modal. Beberapa bank memberikan kemudahan dalam hal permodalan.



Title : Peluang Usaha Kuliner Bolu Sukun
URL : http://www.sahabatsukses.com/2015/10/peluang-usaha-kuliner-bolu-sukun.html
Description : Sukun adalah buah yang berbentuk seperti bola, dan rasanya padat agak empuk, seperti ketela. Selain rasanya enak, sukun juga memiliki banyak...


Blog, Updated at: 10:25 AM

0 comments:

Post a Comment