Peluang Usaha Kuliner Burger Hitam

Posted by Sahabat Sukses: Peluang Usaha Kuliner Burger Hitam

Penggagas burger hitam adalah seorang pengusaha muda yang bernama Rinanda Halfi. Meski kelihatannya agak aneh, karena tidak umum, burger ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa oasti bertanya-tanya, berasal dari apa warna hitamnya? Mungkin inilah yang membuat burger aneh ini laku dipasaran. Bahkan sang pengusaha burger ini telah memiliki omzet sebesar 60 juta per bulan.

Peluang Usaha Kuliner Burger Hitam

Mengapa harus jadi pengusaha burger? Jawaban paling tepat adalah karena makanan sejenis burger kni telah banyak peminatnya, khususnya di kalangan masyarakat perkotaan. Alasan lain yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi pengusaha pemula adalah, bahwa di Indonesia belum ada engusaha burger yang memiliki cita rasa khas Indonesia.

Mengembangkan ide burger hitam milik Halfi, ada baiknya pengusaha pemula yang ingin menjalankan bisnis ini menyajikan aneka rasa burger dengan bumbu-bumbu khas Indonesia. Siapa tahu usaha burger khas Indonesia ini justru akan mampu menjadi pesaing produk burger ternama, seperti Burger King atau Mc Donald’s. Bisa jadi setelah ada burger hitam, akan ada lagi burger merah (Red Burger), burger hijau (Green Burger), dan jenis burger-burger lainnya.

Burger hitam memang unik. Warna rotinya pun juga hitam. Tidak seperti warna roti burger pada umumnya. Warna hitam ini dihasilkan dari zat pewarna alami yang berasal dari buah yang hanya ada di  Indonesia, yaitu buah kluwek. Kluwek adalah bahan bumbu yang dipakai dalam pembuatan masakan rawon. Ini sungguh sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

Harga jual burger hitam ini pun tidak terlalu mahal. Harga bisa dipatok antara Rp 12.000 hingga Rp 30.000 per potong. Soal rasa bisa dibuat dengan aneka varian, seperti: original, pedas, dan rasa manis.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Takoyaki

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Burger Hitam

  1. Lakukan eksperimen dalam pembuatan burger. Temukan cita rasa yang pas, dan berkreasilah untuk membuat burger yang inovatif.
  2. Lakukan uji coba produk untuk mendapatkan masukan sebelum dijual pada kalayak ramai. Hal ini untuk menghindari adanya cacat pada cita rasa atau kualitas produk.
  3. Mencoba untuk memproduksi dalam skala keil. Tujuannya, untuk menjajaki, seberapa besar produk tersebut diterima masyarakat.
  4. Menghitung biaya produksi, untuk menentukan seberapa besar modal yang harus dikeluarkan. Supaya pendapatan rata-rata segera diketahui.

Deskripsi Keuntungan Dalam Bisnis Burger Hitam

  • Harga burger per buah Rp 12.000
  • Asumsi target per hari 15 pak
  • Prediksi pendapatan per hari:
    15 x Rp 12.000 = Rp 180.000
  • Prediksi pendapatan bulan pertama (25 hari):
    25 x Rp 180.000 = Rp 4.500.000
Jika pendapatan rata-rata per hari diperoleh sebesar Rp 180.000,-, maka pendapatan rata-rata setiap bulannya adalah sebesar Rp 4.500.000,-. Dengan begitu, berarti modal akan kembali dalam waktu dua bulan. Dan, keuntungan yang diperoleh rata-rata dalam tiap bulannya adalah sekitar 2 juta per bulan.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Kuliner Burger Hitam

  1. Mungkin banyak saingan dari pengusaha sejenis. Oleh karenanya, temukanlah sesuatu yang unik dari produk Anda. Bisa dari segi penyajian, varian rasa, dekorasi tempat, serta harga yang relatif tidak terlalu mahal dari kompetitor yang sudah ada.
  2. Mungin belum banyak yang mengenal burger unik buatan Anda. Ini adalah tugas pengusaha pemula untuk memperkenalkan pada konsumen. Caranya, yaitu dengan melakukan promosi secar intensif, agar masyarakat lebih mengenal produk Anda.
  3. Sajikan menu lain, selain burger, untuk menambah daya tarik konsumen. Cara ini dapat mengantisipasi kebosanan konsumen pada menu burger, karena dapat memilih menu yang lain pada restoran Anda.



Title : Peluang Usaha Kuliner Burger Hitam
URL : http://www.sahabatsukses.com/2015/10/peluang-usaha-kuliner-burger-hitam.html
Description : Penggagas burger hitam adalah seorang pengusaha muda yang bernama Rinanda Halfi. Meski kelihatannya agak aneh, karena tidak umum, burger ini...


Blog, Updated at: 9:48 AM

0 comments:

Post a Comment