Peluang Usaha Kuliner Gudeg Kaleng

Posted by Sahabat Sukses: Peluang Usaha Kuliner Gudeg Kaleng

Gudeg selama ini dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta. Namun, tidak ada salahnya Anda yang berada di luar Yogyakarta memproduksi makanan ini. Karena, penggemar gudeg pun tidak terbatas hanya mereka yang asli Yogyakarta saja, namun hampir tersebar di penjuru wilayah. Menganalisa kondisi ini nampaknya bisa menjadi sumber inspirasi untuk mendirikan perusahaan gudeg di daerah lain. Tujuannya tidak lain adalah ager mereka yang menginginkan gudeg tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Yogyakarta. Di mana pun keberadaannya, dan saat kapan pun bisa menikmati menu ini.

Peluang Usaha Kuliner Gudeg Kaleng

Ide kuliner membuat gudeg dalam kemasan adalah sangat menjanjikan. Dibandingkan dengan daun pisang yang selama ini menjadi khas cara penyajian gudeg, kemasan kaleng setidaknya akan mengangkat nilai dari gudeg itu sendiri. Lebih higienis, dan lebih menarik. Harganya pun dapat meningkat. Menariknya lagi gudeg dalam kaelng memiliki masa kadaluarsa lebih lama, serta praktis untuk dibawa kemana-mana.

Meski konsep ini tergolong baru, nampaknya lebih bagus prospeknya. Karena gudeg bisa di-display di berbagai pusat perbelanjaan, seperti supermarket, pusat oleh-oleh, maupun di setiap toko di pinggir jalan, ataupun warung makanan.

Proses pembuatan gudeg tidaklah terlalu rumit. Yaitu, diawali dengan mengupas nangka muda, bahan dasar dari gudeg, lalu dicuci bersih dan direbus hingga empuk. Setelah ditiriskan gudeg direbus kembali bersama dengan santan kental dan bumbu gudeg, hingga kuah habis. Sebagai tambahan agar memberikan variasi rasa lain, bisa juga ditambah dengan daging yang telah direbus hingga empuk, kacang merah, udang, atau ikan.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Es Krim Talas

Strategi Operasional Bisnis Gudeg Kaleng

  1. Lakukan uji coba resep untuk menemukan rasa yang sesuai.
  2. Bagikan tester pada orang-orang dekat (saudara atau teman), dan mintalah pendapat mereka tentang hasil yang diperoleh.
  3. Buatlah prediksi tentang rincian modal, untuk menyesuaikan dengan usaha yang akan dijalankan.
  4. Produksilah dalam skala kecil terlebih dahulu, untuk melihat peminat pasar. Jika produk laku di pasaran, maka produksi bisa ditambah lagi.
  5. Berapa pun modalnya, sebenarnya bisa menjalankan bisnis ini. Karena bahan-bahan yang dibutuhkan juga tergolong relatif mudah. Peralatan untuk mengolahnya pun juga tidak membutuhkan peralatan khusus, cukup dengan panci biasa serta kompor seperti yang digunakan untuk memasak sehari-hari.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Gudeg Kaleng

  • Harga per kaleng (3-4 porsi) Rp 19.000
  • Asumsi target per hari 20
  • Prediksi pendapatan per hari:
    20 x Rp 19.000 = Rp 380.000
  • Prediksi pendapatan bulan pertama (25 hari):
    25 x Rp 380.000 = Rp 9.500.000
Asumsi dengan target per hari sebesar 20 kaleng, akan memberikan gambaran bahwa modal akan balik pada bulan kedua. Namun perhitungan in tidak sepenuhnya bisa menjadi patokan, karena masing-masing daerah akan memiliki selera dan daya beli yang berbeda-beda. Target tersebut bisa saja kurang dari jumlah penjalan per hari, bisa juga melebihi. Karena promosi suatu produk turut mempengaruhinya.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Gudeg Kaleng

  1. Bisnis gudeg dalam kaleng tergolong masih jarang. Sehingga persaingan tidak begitu ketat. Akan tetapi, masyarakat juga banyak yang belum familiar atau mengenal adanya gudeg yang dikemas dalam kaleng. Hal ini bisa mempengaruhi minat beli masyarakat. Untuk itu lakukan promosi secara konsisten, agar produk gudeg dalam kaleng lebih dikenal, dan banyak yang berminat mencobanya.
  2. Memasarkan produk ke sejumlah pusat perbelanjaan modern. Tentunya tampilan gambar pada kemasan harus memikat.
  3. Modal yang dibutuhkan dapat diturunkan dengan cara memanfaatkan sebagian rumah/tempat tinggal sebagai tempat produksi.



Title : Peluang Usaha Kuliner Gudeg Kaleng
URL : http://www.sahabatsukses.com/2015/11/peluang-usaha-kuliner-gudeg-kaleng.html
Description : Gudeg selama ini dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta. Namun, tidak ada salahnya Anda yang berada di luar Yogyakarta memproduksi makanan ...


Blog, Updated at: 11:18 AM

0 comments:

Post a Comment