Peluang Usaha Kuliner Rendang Kaleng

Posted by Sahabat Sukses: Peluang Usaha Kuliner Rendang Kaleng

Peluang Usaha Kuliner - Makanan rendang secara fisik adalah berupa daging sapi yang telah dibumbui dan direbus bersama santan kental, kemudian dimasak hingga kadar airnya berkurang banyak. Inilah yang menyebabkan rendang bisa bertahan lebih lama. Berbeda dengan olahan daging pada umumnya, yang akan basi hanya dalam waktu lebih dari 8 jam. Makanan sejenis rendang lebih tahan lama, karena mengandung banyak minyak yang dapat menghambat pertumbuhan jamur, serta kadar air yang kecil akan menyebabkan bakteri berkembang lebih lambat.

Peluang Usaha Kuliner Rendang Kaleng

Rendang adalah makanan tradisional asli Indonesia yang hanya digemari oleh mereja yang menyukai menu pedas. Dulunya rendang hanya menjadi makanan khas daerah Padang (Sumatera Barat). Seiring dengan perkembangan zaman, dan kemajuan teknologi yang dapat menjadi sarana promosi secara luas, kini rendang, menjadi makanan tradisional yang sudah dikenal di berbagai negara. Bahkan di sebuah situs pengusaha rendang telah menawarkan pemesanan melalui online.

Namun pemasaran produk rendang yang siap saji masih agak sulit ditemui di pasaran. Padahal penggemar rendang kini telah meluas, tidak terbatas hanya orang Padang dan penggemar makanan pedas saja. Namun, mereka yang berasal dari daerah lain serta tidak suka pedas pun akhirnya juga menyukainya. Karena, secara umum rendang memiliki rasa yang enak dan dapat pula dinikmati dengan makanan selain nasi. Sebagai ini jajanan pun juga enak. Contohnya, lemper, campuran masakan mi, pastel kering, dan sebagainya.

Cara pembuatan rendang sebenarnya tidaklah sulit. Awalnya daging sapi yang telah dicuci bersih dipotong-potong. Lalu diberi bumbu rendang, dan dimasak bersama santan kental hingga matang dan kuah mengering. Proses memasak inilah yang membutuhkan waktu lama. Kebanyakan orang akan merasa malas untuk memasak sendiri menu ini. Oleh karenanya, ide membuat rendang menjadi sebuah makanan siap saji adalah hal yang menjadikan perolehan keuntungannya. Jadi, rendang dikemas dalam sebuah kaleng agar steril. Dan ini akan membuat umur rendang lebih lama lagi. Mungkin bisa berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Rendang dalam kemasan keleng ini akan memudahkan konsumen untuk menikmati menu kegemarannya kapanpun ia suka. Tidak lagi membutuhkan waktu lama, tidak perlu lagi repot-reput mengolahnya. Cukup dihangatkan saja, maka menu rendang idamannya telah siap dinikmati. Dan keuntungannya lagi, rendang bisa dibawa-bawa sebagai oleh-oleh.

Belum banyak kompetitor dalam usaha kuliner rendang kaleng ini. Tentunya ini adalah sebuah peluang yang sangat bagus untuk memulai suatu usaha kuliner.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Restoran Bebek

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Rendang Kaleng


  1. Susun konsep seperti apa gambaran usaha yang akan dijalankan. Misalnya akan dijual secara online saja, atau membuat sebuah toko khusus rendang, lalu men-display-nya, atau akan disetor pada pusat-pusat penjalan oleh-oleh.
  2. Cobalah membuat rendang yang enak, dan proses memasaknya yang bagus. Rendang tidak lembek dan berair. Lalu simpan dalam wadah tertutup, untuk melihat lama masa penyimpanannya.
  3. Cobalah memproduksi beberapa kaleng saja, lalu titipkan pada beberapa toko dan supermarket.
  4. Promosikan secara online.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Rendang Kaleng

  • Harga per kaleng Rp 65.000
  • Asumsi perolehan setelah produk dikemas adalah sebanyak 500 kaleng
  • Prediksi pendapatan ber bulan:
    500 x Rp 65.000 = Rp 32.500.000
Prediksi modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp 40.000.000. Modal ini termasuk biaya pembelian bahan. Dan setelah diolah bahan akan dikemas menjadi 500 kaleng, dengan perkiraan pendapatan didapat sebesar Rp 32.500.000. Jadi keuntungan yang diperoleh adalah sebebsar 50 persen, belum dipotong biaya produksi. Keuntungan yang didapat bisa lebih besar lagi jika produksi semakin banyak.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Kuliner Rendang Kaleng

  1. Adanya persaingan. Mengatasinya, dengan mempertahankan cita rasa serta kualitas dari rendang yang dibuat. Buatlah rendang dari daging serta bahan-bahan lain yang masih segar, agar kualitasnya tetap terjaga.
  2. Buat design kemasan semenarik mungkin, agar konsumen lebih memilih produk Anda daripada produk lainnya yang sejenis.
  3. Produk belum dikenal. Ini adalah salah satu kendala yang terjadi pada produk yang baru. Lakukanlah promosi secara konsisten, agar produk lebih dikenal secara luas. Ada baiknya mengikutkan produk dalam suatu pameran, untuk menjaring investor yang mau diajak kerja sama.
  4. Harga tidak terjangkau. Mengingat harga bahan juga tergolong tinggi, maka sebaiknya carilah supplier yang mengambil langsung dari produsen untuk mendapatkan harga yang lebih rendah dari harga di pasaran.



Title : Peluang Usaha Kuliner Rendang Kaleng
URL : http://www.sahabatsukses.com/2015/11/peluang-usaha-kuliner-rendang-kaleng.html
Description :


Blog, Updated at: 12:25 PM

0 comments:

Post a Comment