Peluang Usaha Kuliner Sambal Kemasan

Posted by Sahabat Sukses: Peluang Usaha Kuliner Sambal Kemasan

Berbahan dasar cabai, dengan campuran bawang, dan garam. Itulah sambal, yang seringkali menjadi pelengkap dalam setiap menu masakan. Menu pelengkap ini sangat popular di Indonesia khususnya. Banyak pecinta sambal, yang selalu merasa kurang enak jika makan tidak didampingi sambal.

Peluang Usaha Kuliner Sambal Kemasan

Sambal menjadi menupelengkap yang selalu dicari oleh banyak orang. Melihat begitu banyaknya penggemar sambal, kayaknya menjadi sebuah ide tersendiri bagi pebisnis untuk mengembangkannya. Khususnya sambal kemasan. Ini akan memberi peluang bisnis kuliner yang memiliki prospek bagus. Karena meski banyak yang menyukai sambal, namun tidak semua orang dapat membuat sambal yang enak dan pas memenuhi selera. Selain itu banyak pula yang tidak memiliki waktu banyak jika harus repot di dapur. Pilihan jatuh pada uang serba praktis, yaitu sambal yang langsung dapat dinikmati. Tinggal buka kemasan, dan sambal langsung bisa dinikmati.

Sebenarnya mudah sekali membuat sambal. Akan tetapi tidak banyak yang bisa meracik sambal dengan citarasa yang enak dan menggugah selera. Untuk itu bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis sambal kemasan, sebaiknya menciptakan resep sambal yang memiliki cita rasa mantap dan unik.

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Sambal Kemasan

  1. Ciptakan resep sambal dengan rasa yang enak dean mantap. Baik dari segi tingkat manisnya, asinnya serta pedasnya.
  2. Cobalah memproduksi sambal dalam skala kecil terlebih dahulu. Lalu pasarkan pada orang-orang sekitar tempat Anda.
  3. Buatlah sambal dalam varian rasa. Misalnya: rasa manis, sedang dan pedas.
  4. Tentukan besar kecilnya kemasan, agar harga dapat terjangkau oleh konsumen.
  5. Lakukan promosi, baik secara langsung maupun melalui internet.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Sambal Kemasan

  • Harga per botol Rp10.000
  • Asumsi target per hari 15 botol
  • Prediksi pendapatan per hari:
    15 x Rp 10.000 = Rp 150.000
  • Prediksi pendapatan bulan pertama (25 hari):
    25 x Rp 150.000 = Rp 3.750.000
Berdasarkan asumsi pendapatan perbulan, maka diperoleh keuntungan per bulan rata-rata sebesar 1 hingga 2 juta. Namun keuntungan ini bersifat relatif. Bisa lebih kecil, atau bahkan lebih besar lagi. Hal ini bisa terjadi oleh karena beberapa faktor, yaitu: harga cabai dan bawang di pasaran yang selalu berubah, standar harga, serta besar kecilnya target penjualan.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Sambal Kemasan

  1. Di pasaran mungkin telah ada penjual sambal serupa. Untuk itu temukan jenis sambal yang mungkin belum ada. Ini akan menjadi daya tarik, bahwa sambal produksi Anda adalah unik dan istimewa.
  2. Mengatasi persaingan, sebaiknya buat sambal yang serbaguna. Yaitu, selain cocok untuk cocolan, sambal juga bisa digunakan sebagai bumbu.
  3. Konsumen seringkali mudah beralih pada produk baru, dan yang promosinya gencar. Sebaiknya selalu menjaga kestabilan rasa, dari waktu ke waktu.
  4. Kualitas bahan akan berpengaruh terhadap hasil. Oleh sebab itu sebaiknya selalu menggunakan bahan-bahan yang masih segar.
  5. Jika modal terbatas, lakukan promosi melalui media online yang menyediakan fasilitas gratis, seperti Facebok, Email, Twitter, ataupun Blog.



Title : Peluang Usaha Kuliner Sambal Kemasan
URL : http://www.sahabatsukses.com/2015/11/peluang-usaha-kuliner-sambal-kemasan.html
Description : Berbahan dasar cabai, dengan campuran bawang, dan garam. Itulah sambal, yang seringkali menjadi pelengkap dalam setiap menu masakan. Menu pe...


Blog, Updated at: 8:51 AM

1 comments:

  1. Sepertinya bisnis yang murah, dan bisa untung banyak. Teriamakasih infonya.

    ReplyDelete